• Beribadah pada Kesempatan Terakhir

    Beribadah pada Kesempatan Terakhir 

    Islam merupakan salah satu agama yang tersebar di dunia .Salah satu pemeluk Islam terbanyak di dunia adalah Indonesia . Islam menurut istilah adalah ketundukan seorang hamba kepada wahyu Ilahi yang diturunkan kepada para nabi dan rasul khususnya Muhammad SAW guna dijadikan pedoman hidup dan juga sebagai hukum/ aturan Allah SWT yang dapat membimbing umat manusia ke jalan yang lurus, menuju ke kebahagiaan dunia dan akhirat. Pedoman pemeluk agama islam adalah Al Qur’an dan Hadits . Bulan Ramadhan merupakan bulan yg didalmnya diturunkan Al Qur’an sebagai petunjuk umat manusia dan penjelasan - penjelasan  mengenai petunjuk itu & pembeda antara yg baik dan yg bathil. Oleh karena itu barang siapa diantara kalian hadir di Bulan Ramadhan, maka hendaklah mengerjakaan puasa (QS. Al Baqarah, Ayat : 185)”. Ramadhan, bulan ke-9  dalam kalender  Islam , adalah bulan yang paling penting dan suci bagi umat Islam . Ayat-ayat pertama AlQur'an diturunkan pada bulan ini . Alasan mengapa bulan suci ini disebut " Ramadhan " adalah karena ia membakar dosa . Pada bulan Ramadhan , seorang muslim yang berpuasa menahan panas karena kelaparan dan haus dan panasnya puasa membakar  dosa- dosa. ( Elmalılı Hamdi Yazir ). ”  Apabila Bulan Ramadhan tiba, maka pintu surga akan dibuka, pintu neraka akan ditutup dan setan pun dibelenggu (HR. Muslim)”. dan ” Sesungguhnya Allah akan membebaskan beberapa orang dari api neraka pd setiap hari di Bulan Ramadhan dan setiap muslim apabila dia meminta atau memanjatkan doa maka pasti akan dikabulkan (HR. Al Bazaar)”. Berbagai macam firman Allah dan Hadits yang mengutamakan Ramadhan sebagai bulan memperoleh ampunan , ganjaran yang berlipat ganda dan keberkahan yang luar biasa , membuat umat islam berlomba- lomba melakukan amalan kebaikan serta ibadah dengan sungguh – sungguh pada bulan ini.

    Banyak sekali amalan – amalan kebaikan yang bisa dilakukan pada bulan ini. Mulai dari :
    1.Menyegerakan berbuka
    2.  Melaksanakan sahur
    3.  Memberikan makanan berbuka puasa
    4.  Memperbanyak sedekah 5. Memperbanyak I’tikaf
    6.     Shalat tarawih berjamaah
    7.     Menghidupkan malam Lailatul Qadar
    8.     Membaca Al-Qur’an
    9.     Taubat dan memperbanyak istighfar
    10. Zakat fitrah
    Ketika kita sedang menjalankan ibadah puasa, sering kali menunggu waktu berbuka puasa tiba dengan hal- hal yang kurang bermanfaat . Istilah ngabuburit mungkin tidak asing lagi terdengar di telinga masyarakat Indonesia . Ngabuburit adalah satu istilah dari bahasa Sunda yang artinya menunggu datangnya waktu maghrib atau menunggu matahari sore terbenam. Memang dalam islam tidak ada istilah ngabuburit , hanya masyarakat sekita menyemarakan menunggu waktu berbuka dengan istilah ini . Agar puasa kita tidak hanya lapar dan dahaga , kala baiknya kita menunggu waktu berbuka tiba dengan hal – hal bermanfaat untuk menambah pahala amalan ibadah. Seperti : 
           Memperbanyak berdzikir
           Mengerjakan sholat – sholat sunnah
           Mengerjakan sholat berjamaah di Masjid
           Membaca buku ataupun Al – Qur’an
           Menggunakan waktu istirahat dengan tidur
           Menyiapkan hidangan buka puasa
    Adapun hal – hal yang harus kita jauhi ketika sedang menunaikan ibadah puasa yaitu menjauhkan diri dari perbuatan dusta, ghibah ( menyebutkan kejelekan orang lain) , namimah ( mengadu domba), laknat (mendo’akan orang dijauhkan dari rahmat allah ) dan mencaci maki serta menjaga mata, telinga, lidah yang haram. 
    Dengan melakukan berbagai macam hal – hal kebajikan dan menjauhi hal – hal yang dapat membuat puasa kita hanya lapar dan haus . Kita dapat memperoleh keberkahan dan ganjaran yang berlimpah pada bulan Ramadhan yang sangat istimewa ini . Mari bersama – sama beribadah dengan sungguh – sungguh sebagaimana bulan Ramadhan kali ini , merupakan Ramadhan terakhir kita . Agar tak ada penyesalan yang datang di kemudian hari .

  • 0 komentar:

    Cari Blog Ini