Sebagai seorang mahasiswi yang duduk di bangku kuliah dan pure (murni) keturunan darah Madura, mengelilingi pulau Madura seharusnya telah s...

Gak Nyesel! Empat Hari Absen Kuliah untuk Ikutan #MenduniakanMadura dan Menapaki #JejakBPWS bersama Blogger Nasional

Desember 07, 2016 vivi lutviana 7 Comments

Sebagai seorang mahasiswi yang duduk di bangku kuliah dan pure (murni) keturunan darah Madura, mengelilingi pulau Madura seharusnya telah saya lewati. Namun, hanya beberapa tempat yang sudah saya singgahi, itu pun wisata alam maupun religi yang sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Madura.  Mengetahui plat-m.com mengajak "Menduniakan Madura" bersama bpws.go.id dari seorang blogger bernama Lukman Aldiansyah Alief yang sudah familiar wajahnya di mata saya. Bagaimana tidak? dari bangku SD, SMP, SMA, bahkan tingkat Universitas selalu di tempat yang sama. Oh! Itu sangat membosankan sekali bukan?!. 

Well, ajakan kak Aldi tidak membuat saya tertarik walaupun  free (akomodasi, homestay, transportasi ) telah ditanggung oleh plat-m dan BPWS.

"Apasih cuma Madura doang! bisa kali ya kesana di lain waktu"

"Tugas kuliah dan presentasi masih belum kelar!"

"Temen-temen juga ga begitu interest dengan Madura"

"Destinasinyapun tidak begitu diketahui dan biasa saja"

Yaps! semua pikiran itu terlintas dalam pikiran saya sebelum berangkat pada tanggal 22-25 November 2016 lalu. Ilmu Komunikasi, salah satu jurusan di Universitas Trunojoyo Madura yang lebih dikenal dengan jurusan “jalan-jalan” oleh mahasiswa lainnya. Beberapa mata kuliah yang praktiknya dilakukan di luar Madura  mungkin menjadi sebab sebutan itu lebih famous (terkenal).

Madura, tempat Universitas ini berada belum menjadi destinasi praktik utama dalam beberapa mata kuliah yang saya tempuh. Yogyakarta, Bali, Semarang, Surabaya adalah beberapa kota besar yang tidak pernah absen dari destinasi tahun ke tahun untuk melakukan praktik mata kuliah. Photography!, mata kuliah ini selalu mengambil spot - spot yang unik dan menarik diluar Madura. "Mengapa bukan Madura?" padahal Madura adalah tempat dimana kita meng-explore potensi daerah baik dari segala aspek kehidupan manusia maupun alam di pulau ini.

#####

H-3 sebelum acara itu berlangsung kak Aldi mengajak saya kembali, setelah sempat saya menolaknya. Dia memberikan beberapa wejangan agar saya dapat mempertimbangkan kembali manfaat yang akan saya dapatkan dari acara ini.

Sayapun kembali berpikir ***

"Saya lho orang Madura, malulah saya kalau ditanya orang diluar Madura tempat destinasi yang unik dan menarik di Madura."

"Madura masih termasuk pulau tertinggal ? dengan ini saya bisa membantu peningkatan perekonomian madura di bidang pariwisatanya."

"Bersama blogger nasional MenduniakanMadura ? Orang diluar Madura aja pengen berkunjung ke Madura. Mereka ingin mengetahui lebih dalam tentang Madura , malulah saya kalau tidak bangga akan keelokan tanah kelahiran sendiri."

"Sebagai pemudi cinta tanah air, harusnya saya bisa membawa nama Madura jauh dari stigma negatif masyarakat diluar Madura."

"Briliant! Kesempatan tidak datang dua kali! , saya harus memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik - baiknya."

Deal! saya memilih untuk absen kuliah selama empat hari dengan pertimbangan segala resiko yang sudah saya tanggung. Berangkatlah saya untuk menyusuri destinasi menarik yang ada di ke-empat kabupaten di Madura (Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, dan Kabupaten Sumenep).

#####

Tadaaaaaaaa... Ini cerita keseruan saya mengikuti #MenduniakanMadura!💘
Pemandangan di bawah kaki Suramadu sisi Surabaya



Proses realisasi Rest Area di kawasan Suramadu (Madura)


Pesona dan ketenangan pantai nepa 
Hutan Kera Nepa di Dusun Batioh, Desa Batioh, Kabupaten Sampang




Jejeran keindahan kapal di Pelabuhan Pasongsongan, Kab. Sumenep

Fosil Ikan Paus di Giliyang, Kab. Sumenep

Pesona Giliyang menyerupai pulau "Dewata-Bali"

Menikmati kesejukan pulau giliyang


"Kok gak ada ceritanya ? Kok cuma picture-nya doang ?"


Mungkin reader udah pada gak sabar kan ? .


"Yaps! saya hanya membiarkan kalian mengintip beberapa moment yang saya abadikan selama perjalanan empat hari tiga malam itu."


Sangat disayangkan ketika saya harus mem-posting cerita ini hanya dalam satu kali post. Banyak sekali hal menarik yang saya temukan serta moment yang unforgetable bersama blogger nasionalPerjalanan ini mengubah perspektif saya tentang Madura dan beberapa hal yang tidak saya ketahui tentang pulau ini. Disinilah saya temukan, alasan mengapa saya wajib "Menduniakan Madura"


Madura memiliki pesona tersendiri untuk menunjukkan keelokannya

See you soon, on the next post!💋

7 komentar:

Didik Jatmiko mengatakan...

Liar biasa, salam kenal ya mbak Vivi... #SemangatNgeBlog

budiono mengatakan...

yang penting tugas yang terlewat selama bolos kuliah segera ditebus ya vie

ayu fitria mengatakan...

Subhanallah beruntung sekali bisa berkesempatan mengunjungi tempat tempat tersebut. jossssss

Indah Ayu Febrianti mengatakan...

Subhanallah sekaliii syaalala jadi pengen kesana

Indah Ayu Febrianti mengatakan...

Asik jd pengen kesana

WHIZISME mengatakan...

asik sekali halan2...
Jadi pengin ke Madura lagi

Lukman Aldiansyah mengatakan...

gitu amat yaakk akunyaaa -_-