Keseruan GenBIRA Ngabuburit bareng Anak Jalanan dan Berbagi 1000 Takjil di Surabaya

Juni 22, 2017 vivi lutviana 1 Comments

GenBIRA (GenBI Berbagi Berkah Ramadhan) telah melangsungkan acara pada hari Rabu, 20 Juni 2017 lalu . GenBI merupakan Generasi Baru Indonesia sebagai Generasi Penerima Beasiswa Bank Indonesia dari beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Jawa Timur. Kali ini acara GenBIRA yang diadakan oleh Korkom (Koordinator Komisariat) Surabaya yang terdiri dari lima PTN diantaranya UTM, UNAIR, UNESA, ITS dan UINSA di Museum Bank Indonesia Surabaya Jalan Garuda No.1 Surabaya yang bertemakan  "We Share We Care".  Acara yang diadakan ke 3.0 kalinya  ini  terbagi menjadi 2 agenda yaitu ngabuburit dengan anak jalanan dan berbagi 1000 takjil di tiga titik tertentu di kota Surabaya.

Parade 10 Profesi di depan anak jalanan
Profesi Disegner dan Photographer
Profesi perawat

Penampilan Parade Profesi sebagai pembuka acara GenBIRA oleh 10 orang anggota GenBI membuat 100 peserta Anak Jalanan yang dinaungi oleh empat komunitas di Surabaya diantaranya Urban Care Community, Komunitas Syawanaka, Komunitas Lentera Harapan, dan Komunitas Nata Aruna sangat antusias disimbolkan dengan kegembiraan tawa senyum mereka. Berbagai profesi yang ditampilkan memberikan gambaran kepada adik-adik anak jalanan untuk tetap bersemangat menggapai cita-cita dan harapan dalam diri mereka.

MC membuka acara ngabuburit bersama 100 Anak Jalanan ( Satria dan Mitha)
MC menanyakan cita-cita salah satu peserta ngabuburit setelah penampilan parade profesi

Presiden, Pengusaha, Penulis, Atlet Basket, Musisi, Photographer, Guru, Perawat, Chef dan Designer adalah beberapa profesi umum yang  dapat memberikan pandangan terhadap adik-adik anak jalanan tentang fungsi dan kewajiban profesi tersebut. Sehingga dapat memotivasi mereka semua ketika dewasa nanti dapat berprofesi seperti yang ditampilkan oleh anggota GenBI.

Acara sah dibuka ditandai dengan Sambutan dari salah satu Perwakilan Bank Indonesia Jatim yaitu Bapak Dery Russianto agar rentetan acara selanjutnya dapat dilaksanakan dengan baik.

Bapak Dery ketika memberi sambutan kepada 100 peserta ngabuburit

Beberapa penyampaian sebagai motivasi dan penyemangat agar acara ngabuburit dapat berlangsung dengan kegembiraan dan keseruan oleh Bapak Dery, dilanjutkan dengan materi yang edukatif kepada peserta ngabuburit. Materi yang penting sekali yaitu " Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah" atau biasa dikenal dengan CIKUR agar anak-anak jalanan dapat mengetahui secara langsung dan jeli ketika mendapatkan uang atau mempergunakannya dengan baik. Tidak hanya untuk transaksi jual beli namun merawat dan mencintai uang Rupiah merupakan salah satu bentuk kecintaan kita terhadap bangsa Indonesia.

Ibu Mei Wulandari ketika memberikan materi tentang CIKUR

Acara tetap have fun dilanjutkan dengan games, permainan yang ditunggu-tunggu oleh peserta ngabuburit. Adapun beberapa permainan yang edukatif namun tetap menyenangkan yaitu Susun Gambar, Langkah Seirama, Lingkaran Angka, Engklek Bergandengan, dan Balon Harapan.


kekompakan peserta ketika game dimulai

para peserta menuliskan harapan di kertas yang akan digantungkan di balon harapan
Setelah bermain bersama, kini dilakukan penyerahan santunan terhadap empat komunitas agar membantu melancarkan produktivitas anak jalanan terus berjalan dengan baik.

Penyerahan santutan secara simbolik kepada 4 komunitas yang menaungi anak jalanan di Surabaya

Salah satu komunitas yang menaungi anak jalanan yaitu Urbane Care Community yang telah mengasah kemampunan anak-anak dalam bidang musik agar terus berkarya dan mencintai serta melestarikan musik daerah yaitu angklung. Menjadikan alunan musik yang indah diperdengarkan membuat kita bersyukur bahwa mereka dapat menciptakan karya yang hebat dengan kekompakan yang mereka buat.

Penampilan Angklung dari Urban Care Community

Waktu terus bergulir dan mendekati adzan maghrib, sembari menunggu bedug tiba anggota Genbi membagikan takjil, makanan serta minuman kepada seluruh peserta dan seluruh anggota GenBI untuk berbuka puasa bersama.

Suasana buka puasa bersama seluruh Anggota GenBI dengan 100 peserta ngabuburit


 Tidak semua anggota GenBI mengikuti acara ngabuburit di dalam Museum Bank Indonesia. Sebagian anggota membagikan 1000 takjil yang terbagi menjadi tiga titik di sekitar Museum Bank Indonesia. Titik yang pertama berada di SPBU jalan Rajawalu disebelah kanan jalan, kemudian untuk titik kedua dan ketiga berada di jalan jembatan merah di dekat Polrestabes Surabaya.

Kegembiraan anggota genBI post 2 dan 3 setelah membagikan takjil

Anggota GenBi yang membagikan di post 1
Antusiasme masyarkat ketika teman-teman anggota GenBI membagikan Takjil membuat kemacetan namun tetap terkondisikan dengan baik. Hanya beberapa menit semua takjil terbagi rata baik bagi pengendara sepeda motor bahkan tukang becak mendapatkan 1 kantong takjil.

Takjil di bagikan kepada para pengendara sepeda motor

Setelah menunaikan ibadah solat maghrib dan berbuka puasa bersama, acara ditutup dengan pembagian santunan terhadap masing-masing peserta dan bersalaman dengan perwakilan Bank Indonesia serta seluruh anggota GenBI yang telah mengadakan acara tersebut.

Santunan terhadap masing masing anak jalanan

Sayonara bersama anggota GenBI setelah berbuka puasa bersama
Ditutup dengan pelepasan balon harapan yang ditulis oleh seluruh peserta ngabuburit dan tepuk tangan kemeriahan seluruh penyelenggara GenBIRA 2017.

Salah satu cita-cita digantungkan pada balon harapan peserta ngabuburit yang akan di terbangkan 

Semoga acara ini dapat memberikan dampak yang positif dan bermanfaat untuk kemajuan generasi penerus bangsa Indonesia. 

Keluarga Besar GenBI Korkom Surabaya

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah. Sampai jumpa di acara GenBI berbagi berkah Ramadhan berikutnya yaaa... 🎉

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746




You Might Also Like

1 komentar:

Rizqi Kurnianti mengatakan...

Indahnya berbagi bersama Genbi. Genbi Jatim !!! Suvvangar Rek !!!