Food Journey AgriFood Expo 2017 bersama Petrokimia Gresik

Agustus 11, 2017 vivi lutviana 1 Comments


Bercengkrama dengan alam adalah hal  yang menyenangkan, memfresh-kan kembali pikiran dengan kepenatan pekerjaan serta berbagai aktifitas sangat dibutuhkan. Menikmati kesegarannya, mencuci mata dengan berbagai warna-warni keindahan alam yang terbentang luas dapat menjernihkan kembali hati dan jiwa. Inilah hal yang sangat aku butuhkan dari sekian banyaknya tugas kuliah yang bikin puyeng dan aktifitas yang menguras pikiran dan tenaga. Kesempatan yang tidak aku sia-siakan, kali ini aku mendapat Invitation dari "Petrokimia Gresik" untuk diajak piknik dan berkeliling di Kebun Percobaan milik Petrokimia Gresik. Piknik dengan tema "Food Journey Goes to Petro Agrifood Expo" membuatku penasaran, seperti apasih acara ini, apa aku diajak untuk berkuliner di area Ptrokim Gresik (?), ataukah akan diperkenalkan berbagai macam makanan yang telah dibuat oleh Petrokimia Gresik (?).

Well, acara yang aku tunggu untuk menjernihkan kembali pikiran akhirnya tiba. Sabtu, 22 Juli 2017 yang dimulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 3 sore dengan Rundown acara yang telah dikirim melalui email oleh panitia. Rundown yang diterimakupun masih bingung ini acara piknik model gimana, mana menu makanan yang harus aku cicipi, dan berbagai pertanyaan lainnya. Actually, failed expectation haha!, ini bukan acara makan-makan, menikmati berbagai menu baru di alam atau menikmati perkebunan yang belum pernah aku kunjungi. Acara yang dimulai dari jam 7 dengan penjemputan di DBL Arena bersama para blogger dan influencer lainnya menuju "BunCob Petrokimia Gresik" . Tak perlu waktu yang lama, sekitar 55 menit kita sudah sampai di BunCob tersebut. First sight, keramaian di pintu masuk membuatku ingin segera berkeliling di tempat ini. 


Kebun Percobaan Petrokimia Gresik

Acara yang diadakan Petrokimia yang dibuka untuk Umum pada tanggal 21-23 Juli 2017 juga memperkenalkan kepada seluruh masyarakat, baik lokal maupun non lokal. Antusiasme  masyarakatpun sangat baik, banyak yang pulang dengan membawa tengtengan berbagai macam buah-buahan dan sayur-mayur membuatku tidak sabar untuk berpetualang di Kebun Percobaan Petrokimia Gresik. Apalagi acara yang diadakan di akhir pekan membuat masyarakat berbondong bondong datang ke AgriFood Expo. Sembari menunggu briefing oleh para panitia dan LO setiap spot yang ada di Kebun Percobaan aku berkenalan dengan para influencer dan blogger lainnya yang turut serta dalam acara ini. Blogger yang memiliki passion yang berbeda-beda membuatku bertukar informasi dan belajar lagi tentang menulis, mengambil gambar ditempat bahkan aplikasi yang digunakan untuk mempercantik gambar yang kita miliki. Anyes, kakak LO yang akan mendampingi kita untuk berkeliling di seluruh tempat yang ada di area hijau ini. 

Spot pertama,

Jeruk yang dikelola dengan baik serta pupuk yang bagus untuk menghasilan tanaman yang berkualitas
Jeruk Nipis dengan kualitas yang baik

Berbagai macam tanaman jeruk yang disilangkan maupun dari variates yang berbeda-beda ada disini. Jeruk-jeruk yang ada disini pun, kualitasnya sudah teruji karena cara pengelolaan dan perawatan yang baik dari pihak perkebunan Petrokimia Gresik. Tidak hanya jeruk, pohon jambu, sirsak, kedondong juga ada dalam spot yang pertama ini, Aku suka mencium aroma agak masam dan sedikit kesegaran pada jeruk, karena ini perpaduan yang sangat pas ketika terik matahari menyengat. 



Spot Kedua, 

Tanaman dengan sistem Vertikultur



Memasuki spot yang kedua hawanya sudah berbeda, aku seperti disambut dengan area Screen House, dalam screen House terdapat beberapa macam tanaman seperti Padi. Mulai dari padi yang mulai tumbuh dan berkembang, pemilihan gabah yang bagus, pertumbuhan dari minggu ke minggu, hingga padi yang siap untuk dipanen dari hasil percobaan. Screen House ini juga sangat menarik karena tidak tersengat langsung oleh sinar matahari. Keindahan dalam screen House dengan berbagai macam tanaman seperti Kembang Kertas, Cabai yang segar dengan kemerahan yang sangat menyolok serta Kembang Kol yang terlihat segar dan siap untuk memasak membuat aku terus mengambil gambar dari setiap tanaman yang ada pada spot pertama ini 



Bunga Kembang Kertas


Tanaman hidroponik dengan tehnik vertikultur yang bikin aku tertarik untuk mencoba menerapkannya dirumah. Karena tehnik vertikultur ini cukup mudah dan murah untuk diterapkan, serta menghemat tempat. Tehnik yang cocok sekali untuk daerah perumahan yang memiliki lahan terbatas, sehingga dapat memanfaatkan pipa yang disusun secara bertingkat serta pengairan yang cukup mudah ketika dikelola. Namun kalian jangan salah ya, tanaman hidroponik ini juga gakalah dari tanaman-tanaman yang segar dan berada disupermarket. Kalian bisa mengelola sendiri dengan pertumbuhan yang cepat dan kualitas yang bagus. Jadi buat ibu-ibu yang suka banget dengan sayuran yang segar serta menghemat uang juga bisa menerapkan tehnik vertikultural ini . 

Buah-buahan yang ada di BunCob ini tidak kalah menarik dari sayur mayur yang menarik perhatian aku. Salah satu buah-buahan yang berhasil aku petik sendiri yaitu Melon dengan berat 2,3 kilogram. Sebenarnya melon yang 1,7 kilogram yang ingin aku petik, namun aalah daya ada yang lebih besar lagi, jadi aku ambil yang besar deh. Tidak hanya ada buah melon di ladang Melon, ada juga Terong, Sawi, Tomat, dan Selada. Lahan yang cukup luas dengan pemupukan yang dijaga serta kualitas dari melon tersebut membuatku pengen sekali mencoba melon yang baru saja aku petik. Memetik melon yang sudah matang dan siap dihidangkan cukup mudah, hanya melihat dari urat yang banyak dan agar besar merupakan pertanda melon tersebut telah siap dipetik dan dkonsumsi masyarakat.




Melon dengan kualitas baik seberat 1,7 kilogram 

Spot ketiga,




Cukup kaget ketika mendatangi spot ini, ternyata Petrokimia tidak hanya mengelola macam sayuran dan buah-buahan. Namun melestarikan hewan dan mengelola hewan ternak. Salah satunya yaitu Rusa Bawean, serta adapula Sapi Potong dengan berbagai macam jenis sapi yang siap di jual ketika Idul Adha tiba untuk dikurbankan. Harga yang lebih murah dari pasaran serta kualitas yang lebih bagus dari pasaran juga menjamin Hewan Ternak yang dikelola oleh Petrokimia Gresik. Wah, bener-bener strategi menarik dan unik ya Kota Pabrik ini. 

Menurut Ibu Lina, yang menjelaskan kepada kita tentang pengelolaan sapi potong, penggemukan sapi potong serta syarat dan ketentuan serta tipikal sapi apa yang sudah siap dipotong dan dipasarkan. Petrokimia Gresik juga mengolah formula "Petro Bio Feed" yang diberikan kepada sapi untuk penyerapan nutrisi dan menjaga pencernaan serta daya tahan tubuh dari sapi potong sendiri.

Belajar sambil berlibur atau berlibur sambil belajar ?

Aku rasa ini merupakan liburan yang berfaedah ya, karena kita gaharus jadi anak agri buat kenal dengan macam sayuran dan belajar tentang jenis sayuran apa saja. Aku jadi pengen belajar ke anak agri liat yang seger-seger dan menghirup udara segar di alam. Namun ini merupakan perjalanan yang enjoy dan menarik, Walaupun panas yang sangat menyengat tapi semangat mengelilingi BunCob ini tidak menghalangi niatku terus belajar dan mengetahuinya. 


Spot Keempat,



Tempat ini yang pengen aku kunjungi, feltnya tuh kayak kok beda ya daripada spot yang lain, seperti ada jaring yang membedakan. Jaringnya pun ada yang berwarna hitam dan putih bening. Akhirnya rasa penasaranku terbayarkan, ketika memasuki spot ini walaupun panas namun hawanya tetap dingin. Ternyata di sebelah beberapa tanaman seperti bonsai, melon, maupun beberapa sawi ada tanaman selada, keunikan dari tanaman selada melalui proses pengembunan. Air untuk penyiraman seperti hujan yang jatuh, namun hanya beberapa tetes yang merata. Selada yang sangat segar dan bikin gasabar buat dijadikan lalapan juga hehe.

Bermacam-macam sayuran dengan kualitas yang bagus juga hasil percobaan formulasi yang dilakukan oleh Petrokimia pun beragam. Salah satu hasil yang aku suka banget yaitu agar-agar yang di olah dengan beragam rasa seperti Mangga, jeruk, lyche dan strawberry. Melon yang berbentuk timun mas namun rasanya seperti belewah dengan tingkat kemanisan yang pas dan seger banget pas ngeliatnya. Tidak hanya diajak berjalan dan berkeliling melihat berbagai macam tanaman dan hewan ternak yang dikelola oleh Petrokimia Gresik, adapun suguhan makanan dengan berbagai macam ikan laut yang memiliki protein tinggi apalagi memakannya di bawah pohon labu yang segar sekali dan melindungi kita dari sinar matahari.



How Lucky i'm untuk berkunjung dan diundang secara langsung oleh panitia AgrifoodExpo 2017. Ini kali pertama aku mendapatkan pelajaran secara langsung dan menikmati hasil dari Kebun. Pameran disanapun sangat ramai, tidak hanya tanaman dan buah buahan dari hasil BunCob ada juga masyarakat yang berjualan disana dengan harga yang murah dan tetap memilki kualitas yang bagus. Sebelum mengakhiri acara ketika jam sudah menunjukkan pukul 3 sore, kita dibawakan beberapa buah yang segar dan menarik diantaranya Delima, Anggur, Lyche, Strawberry dalam satu keranjang yang menarik.


Semoga dilain kesempatan aku juga bisa menikmati secara langsung tanaman dan buah-buahan segar ini ditahun 2018.

Sukses selalu untuk Petrokimia Gresik selalu memberikan inovasi baru untuk bibit sayuran dan buah-buahan terhadap masyarakat agar memperbaiki gizi dan kualitas yang baik untuk tanaman di seluruh Indonesia.


You Might Also Like

1 komentar:

ike yuliastuti mengatakan...

wah ternyata kamu ikut ke gresik ya mba, aku gak jadi ikut karena anak sakit hiks... kayag e seru banget