• "Assalam Bryani House" Tempat Kuliner Masakan Timur yang Ajib


    Hi, Tum kaise ho?  Tum kaisi ho?  Aap kaise hain ? Aap kaisi hain?   , pahamlah ya sapaan tersebut dari bahasa mana?  HINDI atau INDIA yang menanyakan bagaimana kabar kalian baik yang muda mudi maupun para orang tua. Semoga selalu sehat dan senatiasa membaca blog saya ya yang mengajak kalian mengicipi berbagai makanan tradisional, nasional  bahkan internasional namun tetap kekinian.

    Assalam Briyani House, adalah salah satu tempat kuliner masakan indian yang memiliki cita rasa yang khas dan mengemas makanan menjadi lebih unik dan lezat ketika sampai di lidah kita. Makanan ala rumahan yang di sajikan secara elegan ini berdampingan dengan Hotel Mesir sehingga bagi kalian yang ingin nguliner dan menginep jadi paket complete yang tak perlu pergi ke tempat lain. Berletak di Jl. KH. Mas Mansyur No. 165, Ampel, Surabaya.



    Tempat yang cukup strategis karena terletak di pinggir jalan dengan halu lalangnya orang membuat mereka tertarik mampir dan mengicipi masakan ala hindi ini, pemilik resto yang berasal dari India yaitu pak Assalam sudah banyak membuka usaha resto di beberapa negara, bahkan di beberapa tempat di area Surabaya. Chefnya pun didatangkan langsung dari Melayu yang sangat pandai dalam memasak sehingga dapat memadu padankan masakan indian, Melayu dan Arab dengan baik, kita biasa menyapa dia Chef Dean.


    Beberapa masakan yang udah aku icipi dalam hitungan jam dan tidak melewatkan 1 menupun membut nagih dah pengen kesana lagi, walaupun lidah asia tapi bisalahya beradaptasi sama masakan timur haha.
    • Pertama, Nasi Lemak Ayam dengan harga Rp 28.000 memiliki platting sajian nasi pada umumnya namun nasi ini memiliki rasa yang khas karena beras yang digunakan adalah beras " Basmati" yang di import dari timur. 

    • Kedua, Es ABCD yang enak banget nyampe di tenggorokan dan gabikin serrek seperti es es pada umumnya, es Campur + Durian ini memiliki sensasi tersendiri dilidah karena ada campuran kacang-kacangan dan susu coklat, melelehnyapun cukup lama. Kenikmatan es ini bisa terbayarkan dengan harga Rp 30.000 saja.



    • Ketiga, Roti Tisu Keju , dengan bentuk semacam creppes yang unik dengan tampilan yang tinggi sekitar 50cm kayak gedung dubai itu ya haha, namun susu keju didalam roti kering ini tetep nempel dan menyata. Suhu roti ini tidak melempem walaupun dibiarin lama-lama, jadi tetep kres ketika dimakan. Bisa dapetin cuma harga Rp 23.000 .



    Ini taburan keju dan susu yang tetap melekat tanpa berjatuhan, ketika didiamkan sekitar 3-5 jam roti ini tetap kokoh.


    • Keempat, Es Milo pas liat luarnya biasa aja, tapi setelah tersedot dan menikmati susu milo jadi gaberenti nyedotnya karena milonya lebih kental dan manisnya pas. Taburan bubuk milonya tidak membuat tersendak jadi yang hobi milo gapake di blend ini asik bgt loh. Es ini dibandrol Rp 17.000 .



    • Kelima, Minuman Dates Camel Milshake yang first time i  ever drunk it haha, karena ini adalah perpaduan susu onta yang di mix dengan kurma dengan taburan hazlenut. Pertama denger emang radak aneh ya, but setelah dirasakan widihhh enak parah susunya plain gitu kayak ada pasir pasirinya gitu good bgt dah. Untuk minuman yang nginmport susu Onta murah banget cuma Rp 30.000 .



    • Keenam, kopi Tarik Halia dengan kecoklatan tidak terlalu hitam, karena ini merupakan kopi yang berasal dari indian, rasanya pun memiliki ciri khas dari assalam bryani house ini. Rp 15.000 .


    • Ketujuh, Teh O Limau adalah teh tarik yang rasanya cukup menyegarkan di lidah kita,  bagi kalian pecinta teh wajib dicoba ya cukup Rp 12.000 udah bisa nikmatin kok.



    • Kedelapan, Ayam Merah Madu dengan berbagai macam rempah-rempah ala timur yang dicampur dengan khas indonesia sehingga rasanya tetap masakan rumahan namun dikemas menjadi lebih elegant, harganya Rp 28.000 per porsinya.



    • Kesembilan, Murtabak Daging sapi , selama makan murtabak dagingnya emang ya gitu gitu aja,hampir aku mengatakan semua martabak sama. But, kali ini aku bilang beda, karena dagingnya emang renyah halus dan gurih dengan kulit martabak yang berbeda dicampur dengan kare yang sedikit pedas namun daging sapi tempat mendominan, walaupun gamakan nasi udah pasti kenyang, ciri khas timur tengah yang bisa kalian temukan cuma terbayar Rp. 30.000 aja.



    • Kesepuluh, Nasi bryani Udang wah ini pesanan favorit saya nih karena acar buah dan udang seafood favorit yang emang dimana mana wajib dicoba, acara buah yang asem manis serta udang yang gurih serta tetap denfan cita rasa timur semakin mewarnai lidah saya yang belum pernah mencoba masakan timur. Rempah rempah yang dimasukan berbeda dengan nasi lainnya walaupun agak sedikit mendominasi rasa rempahnya namun balance di lidah tetap terasa, cuma  Rp. 58.000 aja kok.



    • The Last menu unggulan recomended bgt, Nasi Bryani Lamb Shank dengan harga Rp 80.000 , harga yang cukup fantastis etapi jangan salah dan ngerasa minder gitu, ini menu yang sangat dirundukan oleh pecinta masakan timur araupun orang-orang newbie dilidah mereka, karena apa?  kekhasan dari rempah dan proses pengolahan yang fresh sekali, mulai dari nasi, daging kambing dan komposisi yang ada didalamnya tidak pernah disajikan secara instan, selalu diawali dengan daging yang benar benar fresh yang wajib digoreng dalam penyajian sekitar 15 menit masakan yang ingin kita coba ini akan tiba dengan sajian yang waw.  Porsi perpiring jangan ditanyakan ya guys, ini porsi nguli banget, bisa juga satu piring berdua karena emang tumpe tumpe banget dah. Kalau doyan dijamin pasti abis kok.




    Keramahan dan pelayanan di "Assalam Bryani House " cukup bagus mulai dari pelayanan ketika pengunjung datang, menunggu menu pesanan tiba, pembayaran serta setelah pengunjung meninggalkan tempat. Rate harga kisaran Rp 5.000 hingga Rp 80.000 untuk masakan timur memang sangat biasa, namun cita rasa makanannya yang luar biasa. Temen-temen bisa mulai mencoba menu ini dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam.

    Langsung cobain cus, kalau kalian ada di sekitar ampel ataupun di are Surabaya.








  • 4 komentar:

    iswahyudiujang mengatakan...

    Aku sering ke akmpe, itu daerah sebelah mana ya biar aku bisa nyobain

    Indah Ayu mengatakan...

    Leh ugha nih

    endra bagus mengatakan...

    wah jadi pengen nyobain, kayak apasih makanan timur bagi lidah asia hehe

    Raffi Rafsyanjani mengatakan...

    Nasi basmati itu nasi apa ? Bedanya sama nasi biasa apaan ? Aku pernah nyobain tapi gamodel kayak nasi basmati

    Cari Blog Ini