Navigation Menu

4 Tips Mudah Berkomunikasi Dengan Rekan Kerja dari Luar Negeri


Bicara soal pekerjaan dan bisnis saat ini tentu sangat berbeda dengan satu atau dua dekade lalu, dulu teknologi belum semaju sekarang dan industri belum seglobal sekarang. Jadi tantangan tidak terlalu berat lantaran orang-orang yang kita temui di lingkungan kerja didominasi oleh warga negara Indonesia. Kalau ingin memulai percakapan pun mudah sebab antara kita dan rekan kerja atau atasan masih memiliki kultur yang sama.

Tetapi saat ini hal itu sudah tidak lagi relevan, semakin hari semakin banyak investor asing datang dan menanamkan modal. Lingkungan kerja pun sudah mulai diisi oleh ahli-ahli dari berbagai negara dengan kultur berbeda, memulai percakapan tidak bisa dibilang mudah. Terutama bila tidak dibarengi oleh kemampuan bahasa Inggris mumpuni.
Untuk memudahkan hajat hidup kalian semua, berikut ini beberapa tips untuk berkomunikasi dengan rekan kerja dari luar negeri.

Jangan Terlalu Sibuk Sama Pikiran Sendiri

Ketika berkomunikasi dengan rekan kerja dari luar negeri, jangan terlalu sibuk sama pikiran dan cerita sendiri. Dengarkan benar-benar apa yang mereka utarakan, jangan menyela dengan pendapat sendiri dan menjejalkan mereka dengan cerita-cerita kamu sendiri. Hargai mereka sampai selesai bicara, dan pastikan respon kamu sesuai dengan topik dan tidak terlalu bertele-tele.

Mulai Dengan Topik yang Bagus

Sebagian besar orang asing tidak terlalu suka dengan basa-basi, apalagi kalau basa-basinya tidak bagus alias terlalu receh. Jadi bersihkan kepala kamu dari topik-topik tidak penting, dan mulai dengan topik bagus, aktual, dan relevan dengan pekerjaan. Pasti setelah itu percakapan jadi lebih seru.

Rencanakan  Percakapan Tanpa Terkesan Aneh

Berhubung bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja dari luar negeri itu bahasa Inggris, banyak orang merencanakan percakapan dari jauh-jauh hari. Kalimat apa yang digunakan, dan grammar apa yang tepat. Memang tidak salah, tapi ingat jangan sampai hal itu jadi buat kamu aneh dan kaku ketika bercakap-cakap.
Makanya, pentingnya bisa bahasa Inggris itu kamu jadi gak perlu ribet merencanakan percakapan. Tinggal mengalir aja seperti air. Biar kamu tahu sejauh mana kemampuan bahasa Inggris kamu, ada baiknya test dulu di sini.

Jangan Buang Waktu Mereka

Percakapan akrab bisa berlangsung selama 15 menit atau 1 jam, jadi jangan berpikir kalau biar akrab harus ngobrol yang lama. Nanti malah membuang-buang waktu terus jadi ilfeel bahaya.
Sekarang kan udah tipsnya, nah biar efektif ada baiknya kamu menguasai bahasa Inggris. Soalnya kalau tidak menguasai bahasa Inggris gimana kamu mau komunikasi sama rekan kerja atau atasan. Ini penting, loh. Komunikasi yang baik akan membuat kolaborasi makin apik, dan karir yang baik.
Tidak perlu ke tempat les belajarnya, langsung saja unduh Neo Study di Google Play dan Apps Store
Biayanya lebih murah dari les di lembaga bahasa, malah kamu juga bisa irit waktu dan ongkos karena belajarnya di rumah. Buat urusan kualitas, Neo Study juga tidak kalah. Selain memiliki sertifikasi CEFR, konten pembelajaran Neo Study juga didukung oleh DynEd. Perusahaan teknologi dari silicon valley yang sudah lebih dari 32 tahun merekam dan mengalisa data pendidikan dari seluruh dunia untuk menghasilkan konten pembelajaran berbasis teknologi.

Belajar dari sekarang kalau mau punya karir bagus!

0 komentar: