Navigation Menu

Wonderful Indonesia Tertuju Pada Kemilau Budaya "Madura" Yang Mendunia

Madura, siapa yang gamau dateng ke Madura, semuanya pasti menginginkan untuk hadir dan menginjakkan kaki ke Pulau Garam dengan sejuta keindahan yang disuguhkan. Mulai dari berbagai macam destinasi wisata, makanan khas, hingga budaya dan wisata religi yang selalu jadi favorit pada tamu mancanegara maupun warga lokal. Sudahkan kalian menapakkan kaki ke Pulau yang terkenal dengan "Karapan Sapi" ini ?



Madura memiliki beragam destinasi dengan empat kabupaten yaitu Bangkalan, Sumenep, Sampang dan Pamekasan. Tradisi yang diangkat pada masing-masing daerah berbeda, walaupun bahasa mereka sama namun ada berbagai macam perbedaan yang sangat signifikan sehingga membuat bahasapun harus diartikan sedemikian rupa dan mencocokkan atar daerah agar tidak terdapat kesalah pahaman arti.


Berbagai macam kegiatan-kegiatan budaya menarikyang selalu digelar dalam tiap tahun dan tiap bulannya adalah Persembahan lomba karapan Sapi dan sudah tersohor keseluruh penjuru nusantar yaitu batik madura yang terkesan mencolok dan memberikan kualitas yang luar biasa kepada penggunanya, ada yang dibentuk baju ada pula yang dibentuk kain atau dikenal dengan sebutan "samper"


Berbagai macam destinasi yang bisa kita kunjungi disetiap kabupaten yang kita singgahi serta sangat menyejukkan hati dan pikiran apabila anda berkunjung dan hadri dalam setiap acara yang digelar karena pada setiap acar orang Madura selalu terlihat "heboh" dan membuat semua warga terlibat dalam acara tersebut.

Pastilah Pulau Madura tak sekadar memiliki kesenian dan kebudayaan yang unik, melainkan juga punya sejumlah destinasi wisata alam nan indah.  Sejumlah destinasi seperti  Bukit Jaddih (Bangkalan), Air Terjun Toroan (Sampang), Bukit Kapur Arosbaya (Bangkalan), Bukit Tinggi Daramista (Sumenep), Pemandian Sumber Pocong (Bangkalan), Telaga Kermata (Sumenep), dan beberapa lainnya.



Salah satu yang unik adalah adanya kerajaan Kera yang ada di Pantai Nepa atau yang dikenal dengan Pantai kera, karena disana kita bisa melihat ada berbagai macam kera-kera yang bergelantungan, dan apabila kita mengganggu markasnya atau sebuah kerajaan yang ia tempati akan berakibat pada berbagai macam kera bisa berdatangan dan menyerang kita yang mulai mengusik kehidupan mereka. 

Selain menjadi ruang untuk mengekspresikan jatidiri budaya masyarakat Madura, Adapun acar yang telah digelar beberapa waktu yang lalu yaitu  Kemilau Madurayang  menjadi semacam ajang silaturahmi seni-budaya dari empat kabupaten di Madura.




Akses perjalan menuju Pulau Madura sekarang sangat mudah, selain dihubungkan dengan Jembatan Suramadu, kita juga bisa menggunakan Jalur Udara yaitu pesawat dengan Keberangkatan Surabaya Sumenep begitu pula sebaliknya. Jika kalian ingin sampai lebih mudah dan lebih cepat.

Dengan adanya Jembatan Suramadu, akses ke Pulau Madura dari Bandara Juanda Surabaya jadi sangat mudah. Banyak kendaraan umum seperti bus, dan juga layanan travel, yang melayani perjalanan dari Kota Pahlawan itu ke kota-kota di Madura. Lebih nyaman lagi bila Anda menyewa atau membawa mobil sendiri, sehingga bisa mampir-mampir ke sejumlah destinasi wisata sebelum ke lokasi Kemilau Madura di Pamekasan dan Sumenep. Berbagai macam hotel dengan fasilitas yang sangat bagus juga bisa kalian nikmati disini karena dengan adanya hotel dan berbagai macam pemandu wisata yang bisa mengarahkan berbagai macam destinasi menarik yang ditawarkan.


Jika ingin lebih cepat, ada penerbangan dari Bandara Juanda ke Bandara Trunojoyo di Sumenep, dengan menumpang pesawat kecil/perintis. Namun, layanan penerbangannya hanya tersedia di hari tertentu saja.




Sebagaimana wilayah lainnya yang memiliki keindahan alam pesisir pantai ataupun lautnya yang megah dan memberikan kesan tersendiri buat para pengunjung, Madura juga memilki berbagai macam destinasi yang wajib kita kunjungi loh yaitu Pantai Siring Kemuning, Pantai Lombang, Pantai Sambilangan, Mercusuar dan berbagai macam yang lainnya.




Hotel dan jenis penginapan lainnya lumayan mudah ditemui di empat kabupaten di Pulau Madura, apalagi di Pamekasan yang menjadi venue acara Kemilau Madura.








Yuk ikutan kompetisi dengan hadiah total yang mengasikkan ini, selalin mengeksplore wisata daerah dan keindahan indonesi kita bisa memenangkan hadiah loh ! tunggu apalagi, submit tulisan kalian dsini yah https://goo.gl/forms/RJuGs5pjTXEj5ZpD3

0 komentar: