Tips Lolos Seleksi Beasiswa Bank Indonesia (Administrasi & Wawancara)

Halo Sobat Pemburu Beasiswa ! :)

Perkenalkan aku Vivi Lutviana Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Trunojoyo Madura ( kalau gatau search aja ya di google) yang sekarang dalam masa perjuangan karena semester akhir telah sampai padaku, yap! akan berakhir pula transisi dari mahasiswa menjadi masyarakat sebenarnya. huhu :"

Jika kalian berstatus mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri seluruh Indonesia pasti tidak asing dengan beasiswa Bank Indonesia. Namun terkadang setiap wilayah hanya ada beberapa PTN yang dipilih ya tidak semua akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan beasiwa Bank Indonesia. Anyway, Alhamdulillah aku sudah mendapatkan beasiswa Bank Indonesia 2 kali periode yaitu 2017 dan 2018 dengan menikmati penikmatan jumlah nilai yang diterima hihi :) bagaimana caranya ? Yuk baca sampai habis ya!!




Beasiswa Bank Indonesia dibagi menjadi dua yaitu :

1. Beasiswa Unggulan ( Hanya ada pada PTN terakreditas tinggi di setiap wilayah)
2. Beasiswa Reguler

Syarat kualifikasi masuk dalam kategori beasiswa Unggulan dengan kriteria : 

  1. 1. Mahasiswa aktif (tidak dalam status cuti akademik 
  2. Telah menempuh minimal 4 SKS
  3. Usia maks 23 th
  4. Tidak sedang menerima beasiswa lain atau berada dalam ikatan status lembaga/pemerintahan
  5. Memiliki IPK 3.5 (skala 4)
  6. Memiliki skor TOEFL 500
  7. Menyertakan surat rekomendasi dari tokoh akademik
  8. Memiliki minat dan pengalaman menjalankan aktifitas sosial yang memiliki nilai kebermanfaatan bagi masyarakat 
  9. Bersedia berperan aktif dalam Generasi Baru Indonesia dan kegiatan yang diadakan oleh Bank Indonesia 

Program Studi yang bisa mengajukan Bank Indonesia :
  • Ilmu Ekonomi
  • Menejemen
  • Akuntansi
  • Matematika
  • Pertanian/Perikanan
  • Ilmu Hukum
  • Komunikasi
  • TI 
  • Teknik Industri  
Pada setiap wilayah bisa jadi ada tambahan dan berkas lain yang dibutuhkan, karena saya berada diwilayah Jawa Timur dan yang mendapatkan beasiswa Unggulan hanya ( Institut Teknolgi Sepuluh Nopember (ITS)dan Universitas Airlangga (UNAIR)


Syarat kualifikasi masuk dalam kategori beasiswa Reguler dengan kriteria :

    1. 1. Mahasiswa aktif (tidak dalam status cuti akademik 
    2. Telah menempuh minimal 4 SKS
    3. Usia maks 23 th
    4. Tidak sedang menerima beasiswa lain atau berada dalam ikatan status lembaga/pemerintahan
    5. Memiliki IPK 3.00 (skala 4)
    6. Membuat motivation letter dalam Bahasa Indonesia
    7. Menyertakan surat rekomendasi dari tokoh akademik
    8. Berasal dari latar belakang ekonomi keluarga kurang mampu (bisa dibuktikan dengan SK RT/RW atau slip gaji orang tua)
    9. Memiliki minat dan pengalaman menjalankan aktifitas sosial yang memiliki nilai kebermanfaatan bagi masyarakat 
    10. Bersedia berperan aktif dalam Generasi Baru Indonesia dan kegiatan yang diadakan oleh Bank Indonesia 
     
    Program Studi yang bisa mengajukan Bank Indonesia :
    •  
    • Ilmu Ekonomi
    • Menejemen
    • Akuntansi
    • Matematika
    • Pertanian/Perikanan
    • Ilmu Hukum
    • Komunikasi
    • TI 
  • Teknik Industri  
Nah untuk beasiswa Reguler yang tergolong dalam area Surabaya  adalah UTM, UNESA dan UINSA

Karena saya berasal dari UTM yang mendapatkan beasiswa reguler saya akan berbagi tips bagi kalian yang akan mengikuti beasiswa ini apalagi untuk 2 kali periode huhu. Oh ya, beasiswa Bank Indonesia pada tahun 2017 untuk setiap semester akan mendapatkan Rp 4.500.000 untuk setiap semesternya totalnya Rp.9.000.000 tahun kemaren tepatnya 2018 mengalami peningkatan jumlah yaitu untuk tiap semesternya Rp 6.000.000 sehingga total yang diterima adalah Rp 12.000.000 sangat fantastis bukan ? dibeli bakso buat anak kos bertahun-tahun masih cukup kok wkwk. 


Langkah-Langkahnya sebagai berikut :
1. Seleksi Prodi/Jurusan yang akan diserahkan pada Fakultas

Langkah yang sangat dasar adalah, jika kamu aktif organisasi atau namamu dikenal dalam jurusanmu dengan predikat nilai atau dengan prestasi atau tokoh yang dikenal oleh dosen-dosen ini akan mempermudah kamu untuk bisa bersaing dalam satu Universitas yang akan dikirimkan menjadi satu dengan Universitas yang akan dikirim ke Bank Indonesia. 
2. Pastikan Telah Melengkapi Berkas dengan Benar dan Dengan Menarik serta Berbeda

Nantinya, akan ada form yang harus dilengkapi, seperti biodata pribadi, surat pernyataan atas konsekuensi menerima beasiswa dengan materai 6000, surat keterangan dari fakultas. Perlu diperhatikan ketika diminta menuliskan data pribadi dan motivation letter buatlah dengan sangat percaya diri, dengan pengalaman, prestasi serta pengalaman hidup yang membawamu untuk terus berproses dan belajar serta mengabdi terhadap kebermanfaatan masyarakat. 

Biasanya, apabila kelengkapan administrasi telah lolos dengan ketentuan hanya beberapa orang setiap fakultas bisa jadi 5-7 orang setiap jurusan bahkan juga ada batasan sampai pada fakultas karena nantinya yang akan mengikuti tes wawancara adalah 70 orang dengan 50 orang penerima beasiswa.

3.  Bersikap Ramah, Pede dan Mengakui Kelebihan pada saat Wawancara

Ketika kamu udah terpilih untuk diwawancara persiapkan diri kalian sebaik mungkin dan tetap saja berdiksplsh tenang ya, grogi memang sudah biasa namun tetap menjadi pribadi yang siap untuk menjadi bagian dari GenBI yang nantinya akan terjadi berbagai kegiatan yang menarik. Buatlah kita yang menceritakan kehidupan kita dan berbagai macam kegiatan positif yang kita jalani agar kita tidak terkesan mahasiwa yang B aja haha. ceritakan sisi positif dan mengapa kamu harus mendapatkan beasiswa itu, ketika diminta tunjukkan bakat, tunjukkan saja misal menari, menggambar, bernyanyi buat para pewawancara melihatmu berpotensi dalam perkembangan GenBI dan pantas mendapatkan beasiswa tersebut. Serta jangan lupa, bersikaplah jujur dan tetaplah rendah hati agar kita juga dilihat tidak terlalu menyombongkan diri.
4. Bisa Mendapatkan Beasiswa Bank Indonesia ke-dua kalinya

Dalam urusan ini, buatlah kalian aktif dalam setiap kegiatan dan berkontribusi penuh akan kegiatan yang diadakan GenBI karena itulah yang membuat kamu dipercayakan kembali mengemban amanah dan menerima beasiswa kembali. Jika kalian mampu menddesain, menyanyi, bermain musik, serta memiliki kelebihan yang berbeda itu yang akan sangat unik. Akrablah dalam setiap anggota karena nanti kita akan berbaur dan bekerjasama tim loh! jadi akan seru banget, serta berbagai kegiatan BI sangatlah menambah pengalaman dan berbagai reward yang diberikan selalu sangat menakjubkan loh.
Bagaimana ? Sudah siap menjadi bagian dari GenBI ? Tinggalkan komentar apabila ada yang ingin ditanyakan yah !
 
 
Previous
Next Post »
2 Komentar
avatar

Selamat ya mbak, dapat beasiswanya...dan terima kasih atas tips-tips nya, jadi pengen nyoba :)

Balas
avatar

Tulisan yang sangat inspiratif bisa dijadikan rekomendasi bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa....

Balas