Navigation Menu

Festival Millenilas, Menggali Potensi Bakat Dan Minat Generasi Y Di Era 4.0


Istilah untuk anak generasi Y atau disebut dengan millenials yang lahir pada rentan tahun 1980an-2000an. Nah, berbagai macam timbul pertanyaan, kenapa disebut generasi millenials ? Jawabannya adalah karena generasi yang telah lahir dan membuka mata di tahun itu telah menghadapi perkembangan tekhnolgi seperti TV yang sudah berwarna dan menggunakan remote control, serta lahirnya sebuah smartphone dan internet untuk mempermudah dalam mengakses informasi dan bersosialisasi secara online atau disebut dengan "media sosial" .



Lalu, mengapa "Festival Millenials Berkarya" dirayakan secara fantastis dan penuh inspirasi yang diadakan oleh Semen Indonesia bagi muda mudi untuk membangkitkan semangat berkaya dan memberikan manfaat dan kontribusi yang baik bagi Indonesia. Perayaan yang dihelat pada hari Jumat 23 Nopember 2018 start pukul 2 siang hingga pukul 10 malam dengan teman"Living Life With A Purpose" . 




Aku sangat antusias untuk terlibat dalam pagelaran ini karen mengundang berbagai macam speaker yang inspiratif bagi generasi millenials yaitu Vikra Ijaz CO-Founder Kitabisa.com, Fico Fahriza Komika, dan yang paling ku nanti nanti dalah Kevin Hendrawan TV Host & Youtuber. 


Berbagai macam kalangan millenials datang dari berbagai daerah untuk hadir dan bersama-sama menggali informasi dan mendapatkan inspirasi dari ketiga speaker yang masuk dalam perubahan generasi millenials sebagai anak yang kontributif dan inovatif, karena banyak pemikiran bahwa anak millenials hanya malas-malasan, mau yang instan saja dan tampil eksis. Walaupun anak millenial yang memadati Gedung Achamd Yani Gresik ini selalu eksis dengan photo booth tetapi jangan salah loh mereka semua adalah generasi yang memberikan aksi nyata seperti  menjalankan program dan project yang menginspirasi dan bermanfaat bagi sesama.    



Bagaimana sih buat kita untuk menumbuhkan potensi dan minat dengan era yang sudah mulai maju ?
Kita juga diberikan pengarahan dan ilmu oleh orang yang terlibat dalam penggerak millenials berkarya dan berhasil mewujudkannya seperti Nuri Fauziah sebagai Psikolog Trainer& Founder Komunitas Jomblo Beriman, Aini Hanifa Founder Surabaya Youth, Aditya Abdurrahman Founder Better Youth Foundation, Founder Main Ke Majid & Pembina Punk Muslim, Agoes Sam Owner Coffee Talk Surabaya dengan topic yang berbeda sesuai dengan apa yang telah mereka realisasikan yang tentunya memberikan impact terhadap anak bangsa secara baik.  
 


 Kita sebagai generasi Millenial, Apasih yang seharusnya kita lakukan dengan potensi bakat dan minat yang kita punya ?. Bisa dilihat kini, teknologi super canggih, dunia yang memasuki era revolusi industri 4.0, yakni menekankan pada pola digital economy, artifical intelligence, big data, robotic dan lain sebagainya atu dikenal dengan fenomena disruptive innovation. Dengan adanya revolusi ini kita ditantang untuk menghadirkan berbagai macam project yang mempermudah pekerjaan manusia dan lebih mengedepankan penggunaan teknolgi terbaru. 

Apa yang bisa kita terapkan untuk mencapai itu semua ? aku punya nih jawaban dari para speaker yang telah aku catat diantaranya :

"Apapun tujuanmu FUEL THEM WITH LOVE, dalam arti jika kita melakukan sesuatu dengan cinta dan keihklasan akan berbuah kebaikan"

"Rubahlah diri kita Jadi Lebih Baik, buatlah keberhasilan orang lain adalah motivasi kita untuk menggapai harapan dan keinginan untu diwujudkan"

"Jangan takut untuk mencoba, jangan takut untuk gagal karena semua butuh proses"

"Jika kamu memulai sesuatu dengan prestasi kamu harus terus membuat prestasi berikutnya lebih dan lebih lagi, tapi jika kamu membuatnya dengan kontroversi kamu juga akan membuat kontroversi lagi dan lagi, begitulah kita membuat dan menekuni konten yang kita miliki"

"Tidak ada kata lelah, kalau kita ingin meraih apa yang kita inginkan"

Mencatat semua quotes yang bisa aku terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar selalu teringat dan terus berusaha bangkit, karena setiap usaha yang kita lakukan dapat membuat hal yang lebih menarik lagi dan lagi. 


pict by : www.joechandra.com






2 komentar:

Ika Maya Susanti mengatakan...

Wah Mbak, dirimu asyik banget ngumpulin quotes bagus-bagus selama di sana. Motivated banget ya emang...

Potret Bikers mengatakan...

Cieee....bisa photo bareng sama Seleb :D